Selasa, 05 September 2017

Santai Menikmati Kolesterol dengan Raw Honey


Dah september lagi ya men temen...,  ada Promo September Ceria lho...,  ntar diupload deh.  Sementara baca yang ini dulu yaa.  Agar Idul Adha tanpa pusing kolesterol naik hehehe....

SANTAI MENIKMATI KOLESTEROL

Alhamdulillah.. Idul adha tiba. Saatnya umat muslim menunaikan ibadah qurban. Alhamdulillah bagi yang tahun ini bisa melaksanakan qurban. Semoga Allah menerima ibadah qurbannya dan memberkahinya. Bagi yang belum, semoga tahun berikutnya dimampukan ya.. aamiin

Setelah melaksanakan ibadah qurban, "jatah" daging kambing atau sapi pun siap diolah menjadi sajian khas Idul Adha, seperti sate dan gulai. Saat akan menyantap olahan daging ini, tak jarang kita mendengar warning "hati-hati kolesterol"

Apa itu Kolesterol?

Kolesterol dalam tubuh memiliki sifat yang tidak dapat larut dalam darah dan karenanya dibutuhkan pembawa yang disebut lipoprotein, untuk mobiliasi kolesterol tersebut menuju jaringan tubuh. Dua jenis lipoprotein yang bertugas membawa kolesterol dari dan menuju sel dalam tubuh, antara lain LDL dan HDL,

LDL (kolesterol jahat) berperan dalam mobilisasi kolesterol menuju sel dan jaringan dalam tubuh, jumlahnya yang berlebihan akan meningkatkan risiko penumpukan lemak pada pembuluh darah dan akhirnya meningkatkan risiko atherosclerosis (pengerasan pembuluh darah), serangan jantung, dan stroke.

Sedangkan HDL (kolesterol baik), bertugas menyerap sebanyak mungkin kolesterol berlebih pada sel dan jaringan kembali menuju hati. Inilah sebabnya mengapa peningkatan HDL dikaitkan dengan penurunan risiko sakit jantung.

Apakah manfaat kolesterol bagi tubuh?

Kolesterolmemberi manfaat bagi tubuh dan fungsi organtubuh lainnya, beberapa diantaranya:
1. Membentuk hormon seks yang sangat penting bagi
perkembangan dan fungsi organ seksual.
2. Membentuk hormon korteks adrenal yang penting bagimetabolisme dan keseimbangan garam dalam tubuh.
3. Pertumbuhan jaringan otak dan syaraf.
4. Pembungkus jaringan saraf dan melapisi membran sel
5. Membuat vitamin D yang sangat bermanfaat untuk menyerapkalsium tubuh sehingga kesehatan tulang dapat terjaga.
6. Bahanbaku pembentukan asam garam empedu yang berperanmeningkatkan pembuangan lemak.

Berapa kadar normal kolesterol dalam tubuh?

Batas kadar kolesterol LDL adalah <100 mg/dl, kolesterol HDL >60 mg/dl, dan kadar kolesterol total 200 mg/dl. Kadar kolesterol total yang kurang dari 200 mg/dL masih bisa ditoleransi. Jumlah kadar kolesterol 200-239 mg/dL sudah masuk pada ambang batas tinggi. Jika jumlahnya mencapai 240 mg/dL atau lebih termasuk tingkat kolesterol tinggi.

Tips Mengolah Daging

Saat idul adha, sajian khasnya adalah masakan dengan bahan utama daging kambing atau sapi. Bahan makanan ini ternyata termasuk jenis bahan makanan yang mengandung kolesterol yang cenderung tinggi, terutama bagian jeroannya.

Bagi anda yang memang sudah memiliki kadar kolesterol yang cenderung tinggi, perlu berhati-hati mengkonsumsi masakan berbahan kambing dan sapi ini. Sebaiknya hindari mengkonsumsi bagian jeroannya, pilih bagian daging yang tidak mengandung banyak lemak.

Olahan daging yang dimasak dengan menambahkan banyak gula pun bisa meningkatkan kadar kolesterol. Sebaiknya, ganti gula pasir dengan gula kelapa atau stevia.

Hindari juga mengolah daging dengan cara digoreng. Minyak goreng dapat pula meningkatkan kadar kolesterol, terlebih lagi jika menggunakan minyak goreng berbahan minyak sawit. Proses pemanggangan lebih disarankan karena proses pemanggangan dapat mengurangi kandungan lemak pada daging.

Penggunaan rempah-rempah ternyata dapat membantu mengurangi kadar lemak dalam daging. Beberapa rempah-rempah yang dapat digunakan diantaranya: daun salam, daun jeruk, serai, kayu manis, cengkeh, rosemary, atau berbagai jenis rempah lainnya. Penggunaan rempah-rempah ini juga bermanfaat untuk menambah citarasa dan menghilangkan bau prengus daging. Hmmmm.. ngiler deh

Tips Menjaga Kadar Kolesterol

Nah, setelah konsumsi masakan berbahan daging itu semua, agar kadar kolesterol dalam tutup tetap berada pada batas normal segingga tubuh tetap bugar. Kita perlu mengkonsumsi asupan lain yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Berikut beberapa pilihan asupan alami yang bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh:

1. Madu (Raw Honey)
Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi madu dapat menurunkan kolesterol "buruk" LDL sebesar 6-11% dan menurunkan kadar trigliserida sebanyak 11%. Madu juga dapat meningkatkan kolesterol HDL "baik" sekitar 2%.

2. Manisan bawang putih
Manisan bawang putih merupakan bawang putih yang sudah direndam dalam madu selama minimal 7 hari. Bawang putih mampu memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, sebanyak 10-15%.
Baca: Manisan Bawang Putih
http://www.zaidarawhoney.com/2017/08/manisan-bawang-putih.html?m=1

3. Campuran kayu manis dan madu
Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi madu dapat menurunkan kolesterol "buruk" LDL sebesar 6-11% dan menurunkan kadar trigliserida sebanyak 11%. Madu juga dapat meningkatkan kolesterol HDL "baik" sekitar 2%.
Penelitian pun menemukan bahwa dosis harian kayu manis menurunkan kolesterol total rata-rata 16 mg / dl, kolesterol "buruk" LDL sebesar 9 mg / dl dan trigliserida sebesar 30 mg / dl. Serta sedikit peningkatan kadar kolesterol "baik" HDL.
Baca: Madu dan Kayu Manis
http://www.zaidarawhoney.com/2017/08/madu-dan-kayu-manis-part-1.html?m=1

Mudah ya?

Insya Allah kita dapat menikmati sajian khas Idul Adha dan tetap bugar.

Oh ya, sebagai muslim perlu diingat juga nih! Hendaknya kita jangan makan berlebihan dan menjaga apa yang kita makan.

Sebagaimana yang diingatkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda.

ما ملأ آدميٌّ وعاءً شرًّا من بطن، بحسب ابن آدم أكلات يُقمن صلبَه، فإن كان لا محالة، فثُلثٌ لطعامه، وثلثٌ لشرابه، وثلثٌ لنفَسِه

“Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihinya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas” (HR At-Tirmidzi , di-shahih-kan oleh Al-Albani dalam As-Silsilah Ash-Shahihah 2265)

Semoga Allah berikan kesehatan yang paripurna untuk kita semua.. aamiin

Stay healthy with raw honey...

Sumber bacaan:
https://kesehatanmuslim.com/idul-adha-daging-kambing-hipertensi-dan-kolesterol/
http://kadarkolesterolnormal.com/manfaat-kolesterol/
http://m.viva.co.id/amp/gaya-hidup/kesehatan-intim/677948-tips-mencegah-naiknya-kolesterol-saat-idul-adha
https://m.vemale.com/amp/tips-dapur/86847-tips-idul-adha-takut-kolesterol-olah-daging-sapi-dan-kambing-dengan-rempah.html
http://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/99-makanan-yang-mengandung-kolesterol-tinggi-dalam-tabel/amp

#officialCW48 #rawhoney #kolesterol #tips

Tidak ada komentar:

Posting Komentar