Kamis, 25 Mei 2017

Tips Sehat Bugar Selama Berpuasa

Dalam berapa jam lagi Sya'ban akan berlalu, dan tamu agung itu datang bersamaan dengan berkumandangnya adzan maghrib. Satu yang disunnahkan oleh Baginda Nabi saw., adalah dengan bertahniah dan membaca doa bertemu Ramadhan, seperti di bawah ini :

"Ya Allah sesungguhnya telah datang bulan Ramadhan. Ya Allah, rabb pemilik bulan Ramadhan, Engkau turunkan  di dalamnya Al Qur'an. Engkau jadikan Al Qur'an penjelasan petunjuk antara yang hak dan yang batil. Ya Allah berkatilah kami di bulan Ramadhan ini. Bantulah kami untuk melakukan shaum dan shalat di dalamnya dan terimalah amal ibadah kami."

Selain prepare ilmu ibadah, agar Ramadhan nanti lebih optimal, perlu jg nih prepare tubuh kita agar tetap bugar melaksanakan ibadah shaum dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan nanti.. Kali ini aku mau kasih tips spesial agar tubuh tetap bugar selama puasa. Cekidot! 😉

☑ Konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur.
Makanan yg mengandung karbohidrat diantaranya kacang merah, ubi, nasi merah, lobak, dll. Dengan mengkonsumsi makanan yg mengandung karbohidrat kompleks ketika sahur akan membuat tidak cepat lapar.

❎ Hindari makanan dengan kadar glikemik tinggi saat sahur.
Mie instan mengandung banyak natrium, lemak jenuh dan MSG. Hal ini memicu tenggorokan terasa haus menerus. Selain itu, mie instan jg mengandung kadar glikemik tinggi yg dapat membuat kita merasa cepat lapar.

☑ Konsumsi makanan dengan menu gizi seimbang.
Menu gizi seimbang terdiri dari:
- karbohidrat (nasi, umbi2an, serelia, dll)
- protein hewani (daging ayam, kambing, ikan, telur), disarankan mengkonsumsi protein lebih banyak saat sahur
- protein nabati (kacang2an, bayam, dll)
- makro nutrien (buah dan sayur)

❎ Hindari minum kopi dan teh saat sahur
Kopi dan teh mengandung zat diuretik (peluruh kencing) yg dapat merangsang berkemih lebih banyak sehingga kita cepat merasa haus.
☑ Terapkan pola minum 2-4-2
Pola minum 2-4-2 diartikan dengan
minum air dua gelas saat berbuka, empat
gelas di malam hari hingga menjelang
tidur, dan dua gelas lagi di saat makan
sahur perlu dilakukan. Setidaknya dengan
formasi ini, kebutuhan cairan minimal bagi
orang dewasa sudah terpenuhi.

❎ Hindari mengkonsumsi makanan yg tinggi garam saat sahur.
Garam dapat menarik air dari cairan dalam tubuh lalu menahannya di sela-sela sel, sehingga tidak disebarkan ke tubuh dan kita menjadi cepat merasa haus.

☑ Konsumsi kurma saat berbuka
Dari Salman ibn ‘Aamir, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma sebab kurma itu berkah, kalau tidak ada, maka dengan air karena air itu bersih dan suci.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

☑ Konsumsi rutin madu
Madu mengandung: karbohidrat, air, zat mineral, senyawa nitrogen, alkaloid, stimulator biogenik, antibiotik tanaman (phytoncides), enzim (fermentasi), asam organik, minyak esensial, aromatik, mudah menguap, zat hormonal, antioksidan, anti-kanker dan agen anti-tumor dan lain-lain yang masih belum diketahui atau dipelajari secara spesifik. Beragam kandungan madu tersebut memiliki manfaat yg baik bagi tubuh terutama sebagai booster stamina dan fungsi otak sehingga selama puasa tubuh dapat tetap bertenaga dan otak tetap mampu berpikir dengan jernih. Madu yg direkomendasikan adalah raw honey atau madu non olahan karena nutrisinya masih alami terjaga.
Dengan menjaga pola makan, insya Allah tubuh tetap bugar selama Ramadhan sehingga ibadah pun bisa lebih optimal.

Siap menyambut Ramadhan?
Bismillah..
_Stay healthy with raw honey_ ...
#OfficialCW31 #rawhoney #prepareRamadhan #healthylife #fasting #zaidarawhoney #tipspuasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar