Minggu, 19 Februari 2017

Icip-Icip Rasa Madu Hutan Zaida


Tulisan ini berisi curhatan panjang dari bakul madu sekaligus pencicip rasa. Jadi kalai ada marketer yang nanya-nanya bakalan bisa jawab. Ada pesan serius darinya : Tulisan inu  terindikasi bikin kabita alias mupeng, HATI - HATI !

Yuk ah... dikunyah, eh diseruput... :D

Salah satu keuntungan bakul madu dan lokasi tempat tinggal yg dekat dengan suplier adalah bisa icip2 madu bahkan kadang gak harus beli. πŸ˜‚
Icip2nya masih tau diri ko. Cukup tau rasa ajaa.. kalo ada yg doyan banget pengen banyak yaa tetep beli laaah..
Isin lah gratisan mulu.
Harga diri, bos! 😎

Alhamdulillah.. jadi tau ternyata madu liar ituuu buanyak varian rasanya.
Lah ko bisa? Gumun aku jugaa.. ko isa ya?
Tanya aja tuh sama si lebah! Hehehe
Hasil browsing berbagai sumber menyatakan: rasa madu itu bisa bergantung pada nektar yg dominan dihisap oleh sang lebah.
Nah, nektar yg dihisap lebah itu kan mengandung identitas spesifik dari tanaman tersebut. Jadi logis kan ya madunya bisa memiliki rasa dan aroma menyerupai bagian dari tanaman tsb.
Dan ternyataaa.. eh ternyataaa.. dalam Al-Qur'an pun disebutkan bahwa madu bisa memiliki macam2 warna. Amazing!

Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). ‘Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.” Q.S An-Nahl :68-69

Masyaa Allah 😍
Oke, clear yaa.. madu zaida semuanya ORIGINAL ko. Dari sarang lebahnya, madunya udah ada rasanya begitu. Gak ditambahi apapun.
Masih gak percaya?
Ya wis.. mending coba order aja semua varian kemasan kecil, cicipi satu2, pernah gak nemuin essences sealami itu rasanya?

Udah icip masih gak percaya?
Memang kepada Allah semata kita harus percaya sepenuhnya.. πŸ˜€ ( Hadeuhhh.. langsung inget seseorang deh wakakakak )

Sekarang aku mau cerita macam2 rasa madu menurut " *LIDAHKU* ", capital, highlight, bold, underline, italic. Menurut LIDAHKU yaa..
Kalo nanti dirimu coba rasanya lain ya jangan protes, itu kan menurut LIDAHMU 😁😁😁
Yuk mulai...

Madu Manis heterogen:
Manis Heterogen ini dipetik dari hutan multiflora, kombinasi vegetasi di hutan lokasi sarang hampir semua berbeda-beda. Madu ini bisa dibilang raw honey paling netral rasanya. Manis madu seperti lazimnya madu. Uniknya, beberapa kali kucoba madu manis heterogen dari berbagai daerah itu rasanya gak plek jiplek sama. Kadang ada samar2 kecut di ujung rasanya. Kadang manis blas manis.
Karena itu tadi, beda kombinasi vegetasi-nya maka rasanya pun bervariasi.
Tapi semuanya menurutku gak ada yg manis giung gitu. Manis seger aja gitu.. gak nyangkut bikin gak enak tenggorokan gitu.
Masyaa Allah 😍

Madu Kopi :
Suplierku beberapa kali dapet madu kopi dari daerah yg berbeda.
Ada madu kopi riau, kendal, bangka.
Aku pernah coba madu kopi bangka dan yg satunya aku lupa madu kopi mana, riau atau kendal yah.
Yg bukan madu kopi bangka itu aroma madunya kopi tapi samar2. Rasa kopinya samar banget jg. Nyaris mirip manis heterogen aja.
Nah yg madu kopi bangka.. aroma kopinya lebih kuat, dan rasanyaaa.. hmmm.. ada rasa mirip rasa moka gitu deh.. manteeepp..
Suka banget!

Madu Teh :
Madu teh ini aroma tehnya samar2. Rasa teh pada madunya cukup terasa, menurutku. Malah kalo di lidahku rasanya kaya ada sepet2 teh gitu deh.. unik! cocok lah buat ganti ngeteh yg lebih sehat. Meskipun tidak bisa dinikmati panas2 gitu. Sayang kalo diacmpur air panas madunya jadi rusak nutrisinya.

Madu Klanceng :
Ini madu kecuuuut.. manisnya dikit banget. Ada semu pahit di ujung rasanya.
Meski rasanya aneh gitu, ternyata banyak penggemar setia madu klanceng ini. Terutama yg sudah merasakan manfaatnya. Banyak merekomendasikan madu klanceng utk mengobati maag.
Kecutnya ituu kaya vitamin C yg dosis tinggi itu. Yg minuman vitamn C botolan itu lhoo.. kecutnya gitu deh.. bikin melek! πŸ˜ƒ

Madu Strawberry
Ah ini madu enak banget jadi pengganti selai madu yg lebih sehat.
Aroma dan rasa madunya kuat banget terasa strawberry nya! Bahkan warna madunya pun kemerahan.
Madu strawberry ini jadi favorit emak2 karena anak2nya banyak yg jadi doyan madu, gak khawatir deh makan manis2 madu strawberry ini 😍 ( salah satunya ya anak-anakku, sukaaaa banget madu ini )

Madu Duren:
Aroma dan rasa duren itu khas banget kan ya? Kebayang ga aroma & rasa duren yg khas banget itu ada dalam setetes madu? Pasti susah ya bayanginnya. Enaknya dicicipin terus rutin dikonsumsi gitu. Hehe.
Madu duren yg menurutku aroma dan rasanya paling duren banget sejauh yg pernah kuicip itu yg dari Rangkasbitung. Dureen bangeeet deh! Ga eneg ko rasanya. Syedaaap B.G.T! Pas banget lah buat penggemar duren!

Madu durnas (duren nanas) :
Nah ini.. madu yg ditemukan tidak sesuai tujuan utama awal pak hunter: cari madu nanas. Ndilalah.. madu yg ditemukan dekat kebun nanas itu nggantung di pohom duren.
Setelah diselidik, bunga pohon duren saat itu justru sedang berbunga. Jadilah madu durnas...
Aromanya terasa duren, rasanyaa.. paduan duren dan nanas. Rasanya unik! Beda dgn madu duren yg sebelumnya pernah kuicip. Rasa duren tapi ada nanasnya gitu deeeh.. segerrr 😍

Madu NANAS :
Aroma & rasanya terasa banget nanasnya. Sama kuatnya kaya madu strawberry. Warna madunya kuning terang keemasan. Cakep deh! Madu nanas ini rasanya mirip selai nanas jg. Manisnya lebih alami. Oke banget jg jadi pengganti selai utk olesan roti atau bisa juga jadi pengganti minuman sirup yg lebih sehat gitu. Madu nanas ini salah satu favoritnya afnan jg πŸ˜‹

MADU ANGGUR
Aroma & rasa madu anggur ini anggur bangeeet. Warnanya pun keunguan mirip anggur. Kece banget! Syedaaap deh! Madu ini paling limited stoknya. Langka banget nih madu! Bersyukur sempat mencicipinya.. Alhamdulillah 😍

Madu Salam
Aromanya uniiik.. cukup tercium meski ga sekut stoberi & anggur.
Rasanyaaa.. lebih unik lagi! Daun salam kan biasanya untuk bumbu masakan, untuk menambah citarasa wanginya dan gurih2nya. Nah madu salam ini jadi rasanya manis (blas manis gak ada asemnya dikit pun) pluus ada gurih gimana yaa.. unik deh!

Madu kelengkeng
Aroma & rasa buah kelengkeng memang gak begitu kuat ya khasnya..
Aroma madu kelengkeng tidak begitu kentara bedanya sama madu manis heterogen. Rasa manisnya ada sesuatu yg beda dari manis heterogen, susah mendefinisikan spesifiknya. Pokoknya rasanyaa maniiis deh.. sukaa 😍

Selai Madu
Selai madu adalah madu yg sudah mengkristal. Teksturnya mirip2 selai makanya disebut selai madu. Jadi bukan madu yg diolah menjadi selai ya.
Selai madu terbentuk dengan sendirinya secara alami.
Rasa & aromanya umumnya tetap seperti madu sebelum mengkristal.
Konon, nutrisinya pun tidak berubah, tetap sama baiknya.
Hanya teksturnya saja yg berubah.
Jadi seperti granul2 basah gitu. Rasanya krenyes2 di mulut.
Enak buat diemut2 kaya permen. Hihi

Royal jelly
Royal jelly ini katanya makanan si ratu lebah, gak semua sarang ada royal jelly yg bisa dipanen. Kalo pun ada jumlahnya dikit. Langka banget deh. Wajarlah harganya agak di atas rata2 madu. Aromanya mirip madu pada umumnya. Rasanya mirip madu tapi agak2 creamy gimanaa gitu.
Afnan pas baru icip2 langsung ketagihan, dan berhenti setelah distop & diumpetin. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Begitulah sharing kosarasa ku seputar madu zaida.
Alhamdulillah.. Allah izinkan nyemplung di dunia perbakulan madu ini dan mengizinkanku mencicipi kelezatan ciptaan Allah yang luar biasa ini..

Maka nikmat Tuhanmu manakah yang kau dustakan? πŸ˜‡

#rawhoney #taste #marketer #maduzaida
Mau diskusi madu dan khasiat berdasar testimoni WA saja ya ke 082126092369

Tidak ada komentar:

Posting Komentar