Jumat, 27 Mei 2016

Perbanyak 5 Hal Ini Saat Anda Telah Menginjak 40 Tahun

Ada yang berpendapat life begin at fourty. Ternyata pendapat itu bukan hanya isapan jempol semata. Menurut seorang psikolog, saat mencapai usia 40 tahun, akan terlihat hasil dari apa yang sudah dilakukan diusia sebelumnya. Jika di usia sebelumnya, dia memanfatkan masa mudanya dengan baik, maka di usia 40 orang itu bisa melihat masa tuanya akan berjalan dengan baik. Dia makin semangat menjalani hari-hari walau ada banyak perubahan pastinya. Bagi yang masa mudanya diisi dengan bermalas-malasan, tidak tahu tujuam hidupnya, maka ketika usia 40 akan melihat masa depan yang suram. Semangat juangnya akan hilang. Bahkam bisa menyebabkan terpuruk dalam rasa putus asa.

Dari segi kesehatan pun, usia 40 menempati posisi spesial. Biasanya mulai banyak keluhan kesehatan akibat pola  hidup di tahun-tahun sebelumnya. Contoh gampangnya, jika terkena diabetes setelah berusia 40 tahun itu akumulasi dari pola hidup dan pola makan saat muda. Sebaliknya, jika terkena penyakit itu sebelum usia 40 tahun, bisa diduga faktor keturunan penyebabnya.

Ada juga yang bilang kalau sudah 40 tahun, badan jadi terasa cepat lelah. Stamina tubuh mengalami penurunan.  "Sudah 40 tahun mah segala kerasa. Dari pinggang sakit setiap malam, sampe pandangan yang mulai gak jelas." Pendapat tetangga saya ini makin menguatkan.

Dari sudut pandang agama, usia 40 juga memiliki arti penting. Rasulullah diangkat menjadi nabi dan rasul pada usia itu. Hal itu menunjukkan usia 40 sebagai titik kematangan jiwa dan kedewasaan manusia. Dan merujuk pada beliau vsebagai uswah khasanah, maka ada beberapa hal yang mestinya dilakukan saat sudah berusia 40 tahun, diantaranya :

1. Perbanyak Muhasabah
Hal ini dilakukan oleh Rasulullah Saw., dengan bertafakur dan bertahannus di Gua Hira. Beliau mulai menjauhi keduniawian dan mulai berfikir tentang arti hakiki kehidupan ini. Muhasabah dilakukan agar mengetahui selama ini menjalani hidup apakah banyak menanam bibit amal shaleh atau lebih banyak amal salah.


2. Perbanyak Perbaiki Diri ( Mujahadah )
Perbaikan diri adalah action setelah muhasabah, dengan cara bertobat. Bertobat dengan mengakui kesalaham, berazzam tidak akan kembali dan menggantinya dengan amal kebaikan ( amal shalih ).


3. Perbanyak Memberi Manfaat
"Orang yang paling dicintai Allah Swt., adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain..." HR. Thabrani

Banyak yang berpikir memberi manfaat harus dengan langkah besar. Padahal dengan memberi teladan, memberi kegembiraan dan meringankan beban orang lain pun termasuk hal yang bermanfaat.

4. Lebih Banyak Bersyukur
Walau tidak secara eksplisit tapi ayat ini merujuk pada hal yang mestinya dilakukan pada saat kita memasuki usia matang. Yaitu di QS. An Naml (27) : 19 "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmatMu, yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang ibu bapakku..."


5. Perbanyak Ingat Fananya Kehidupan di Dunia
Bukan berarti tidak boleh mengurus urusan dunia. Harapannya memasuki usia tua hendaknya lebih banyak mengingat akhirat dengan maksud memperbanyak pengumpulan bekal saat pulang ke sana.***


Semoga bermanfaat, oleh-oleh nonton talkshow pagi-pagi di teve.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar