Sabtu, 22 Juli 2017

Catatan Anakku Mondok : Untuk Anakku

Bertepatan dengan hari anak 23 Juli ini,  saya ingin menuliskan  nasihat yang saya berikan ketika si bujang akan berangkat mondok.  Sebenarnya sudah hampir seminggu si bujang di pesantren,  tapi baru sekarang bisa move on,  mengurangi melow karena ditinggal anak lanang hehehe ������

Jujur,  ini adalah pengalaman pertama melepas anak jauh dari rumah.   Bukan untuk satu dua hari,  tapi kalau tidak ada kendala hampir selama 6 tahun.  Tega gak tega juga sih, tapi tekad anak yang kuat justru itu yang bikin hati saya mantap. "Aa pengin belajar agama Bu,  biarin Kakak (kembaran ya)  dan saudara yang lain belajar ilmu yang mereka sukai.  Aa mah mau menghafal Quran." ( yahh  melow lagi deh,  mewek lagi deh ������ )

Saya harusnya banyak - banyak bersyukur. Karena banyak orang tua yang anaknya mondok tapi anaknya ogah,  sampai ada upaya maksa-maksa.  lha anak saya malah asyik - asyik saja tuh, malah  semangat. ����

Nah,  karena pengalaman pertama maka banyak sekali yang saya 'pesankan'  ke anak.  Tapo biar gak panjang bak ular naga,  dibatasi jadi 3 poin aja yaa... 

1. Niatkan karena Allah
Jauh-jauh hari saya sudah menyampaikan hal ini pada si bujang.  Bahwa apa pun yang kita lakukan nyatakan semata - mata untuk Allah.  Termasuk mencari ilmu,  apalagi ilmu agama,  niatkanlah untuk Allah.  Bukan untuk merasa lebih baik,  lebih hebat di mata makhluk.  Tapi karena ingin lebib mengenal,  lebih dekat dan le ih cinta kepada Allah Swt.

2. Bersabarlah dalam menjalani proses
Ini sebenarnya nasihat buat saya sendiri.  Malam hari setelah siangnya menitipkan  Aa ke pesantren saya tidur sambil nangis.  Kangen dan  khawatir campur aduk.  Terus bertanya apakah ini jalan yang terbaik?
Tapi nasihat dari ustad dan ustadz di sana betul-betul membuat diri sadar akan niat menitipkan anak. "Sabar bu..,  insya Allah Aa disini kuat dan sabar."
Dan pas esok harinya lihat foto yang dikirim sama ustadz pembimbing ya,  saya jadi lega dan memperkuat tawakal kepada Allah.

3. Jadilah pribadi yang baik
Tinggal dengan orang lain di pondok pasti ada lika-likunya.  "Jadikan teman-teman Aa sebagai saudara terdekat Aa.  Mereka akan jadi tetangga Aa selama 6 tahun.  Inget enggak A,  hadist yang mengatakan bahwa tetangga untuk adalah saudara terdekatmu.  Ya memang seperti itu.  Berbagilah makanan,  jangan takut kekurangan. InsyaAllah makanan yg dibagi akan cukup dan berlimpah berkah. "
Nah,  ada yang mau nambahin atau berbagi pengalaman selama anaknya mondok?  Bisa tulis di komen yaa... ������

Tidak ada komentar:

Posting Komentar