Selasa, 21 Februari 2017

Manfaat Madu untuk Anak

Tergelitik saat seorang konsumen madu nanya sama saya, "Bu, madunya bisa bikin anak nafsu makan enggak ?"

Saya jujur saja jawab, "Enggak bu." Karena yang biasanya untuk nambah nafsu makan anak kalau ditambah herbal yang lain, misal curcuma yang sudah terbukti meningkatkan nafsu makan anak. Kalo madu yang saya jual memang madu hutan bu, madu asli tanpa campuran apapun. Termasuk herbal, gula ataunpun essen buah.

Konsumen bengong, kaget mungkin. Ini bakulkok jujur banget, padahal bilang 'iya' aja gampang, kan yang beli jadi banyak. Tapi bukan itu lho dagang yang dicontohkan nabi Saw. Beliau itu dagang yo tetep menjunjung tinggi kejujuran  lho... :) ;) =)

Nah, biar makin tahu madu unuk anak, yuk baca tulisan kece ini... mari sedot =)

Anak cenderung menyukai minuman & makanan manis. Kecenderungan ini membuat orangtua khawatir akan efek samping dari minuman dan makanan manis tsb, seperti kerusakan gigi, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya.
Namun madu dengan rasa yg dominan manis tidak akan berdampak negatif bagi anak justru bermanfaat untuk anak.

So, Apa saja manfaat madu untuk anak?

1. Madu membantu anak tidak mudah sakit.
Madu mengandung jenis gula: glukosa, sukrosa dan fruktosa. Madu memberikan manfaat yg lebih baik dari gula putih, yang umumnya hanya mengandung sukrosa dan glukosa, tanpa fruktosa. Kandungan sukrosa dan glukosa dalam madu dicerna dalam waktu singkat, sedangkan fruktosa bertahan lebih lama dalam sistem pencernaan sehingga menjadi cadangan energi pada tubuh. Dengan cadangan energi ini, saat anak kurang asupan makanan, anak cenderung tidak terlalu mudah jatuh sakit.

2. Madu membantu perkembangan fisik anak.
Madu mengandung banyak vitamin dan mineral. Bahkan madu mengandung asam amino yang sangat baik untuk perkembangan fisik anak.

3. Madu membantu mencegah kerusakan hati.
Anak mudah terserang demam dengan berbagai penyebab. Obat yg biasa digunakan untuk pereda demam adalah paracetamol. Namun ternyata overdosis paracetamol memiliki efek samping kerusakan hati pada anak.
Madu memiliki efek perlindungan pada hati (hepatoprotective). Jadi, untuk mengurangi efek samping dari paracetamol pada anak-anak, Mom bisa memberikan madu untuk anak.

4. Madu membantu penyembuhan luka.
Anak-anak biasanya bergerak dengan aktif berlarian kesana kemari. Tak jarang ia terjatuh dan terluka. Belum juga luka sembuh total, ia terjatuh dan menyebabkan luka baru. Madu mengandung antibakteri yang dapat menjadi pembersih luka dan mempercepat penyembuhan luka.

5. Madu sebagai obat batuk alami.
Anak-anak sering terserang batuk, bisa jadi setiap bulan anak terserang batuk. Anak juga memiliki resiko lebih tinggi terserang infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Batuk pada anak sangat mengganggu tidur anak. Padahal anak membutuhkan tidur yang cukup agar tumbuh kembangnya optimal.
Beberapa orangtua memberikan obat batuk yang kadang berlebihan karena berharap batuk pada anaknya segera sembuh.
Madu mengandung antibakteri dan antioksidan yg bisa menggantikan obat batuk, justru lebih baik. Caranya dengan memberikan 1,5 sendok teh madu sebelum anak tidur.

Sumber:
https://parentinghealthybabies.com/health-benefits-of-honey-for-children/amp/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23102243
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23723644
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3601686/

See? Betapa madu memiliki manfaat yg besar bagi anak ya?
Masyaa Allah..

So, sudahkah anak anda rutin minum madu? ��

Yuk minum madu!

85/2017-WA 082126092369
#rawhoney #honeyforchild #edukasiMadu #maduzaida #ilovehoney #hanyaperasdankemas #tanpabahantambahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar