Jumat, 17 Februari 2017

Madu Disukai Semut, Asli Enggak Ya...?

Sebenarnya 7 tahun yang lalu, saya pernah jualan madu merek X. Niat awalnya sih... untuk konsumsi sendiri. Satu mitos atau pendapat umum yang saya yakini bahwa madu asli itu gak bakal disemuti. Gampangnya,  kalo madu disemuti berarti palsu atau dicampur gula. Dan sampai kemarin-kemarin masih saya pegang erat-erat ( berasa pegangin balon heheheh )



Suatu hari madu andelan saya ini kok dirubung semut ya, maka saya pun kecewa. Sempet nuduh keaslian madu ini sudah tercoreng hehehe. Sampai akhirnya dapat penjelasan ini dari Madu Zaida, yang bikin kita lebih open mind dan gak nerima mentah-mentah mitos yang ada.
Lanjut baca yukkk

1.  Madu asli tidak disemuti. Ini mitos. Yang bener, madu tertentu disukai semut tertentu. Madu tertentu tidak disukai semut tertentu. 

2. Madu ada banyak sekali varian rasanya, karena tergantung nektar pakan lebahnya. Macam nektar kan tak hingga. Jadi varian rasa madu bisa dibilang juga begitu. 

Jadi, meski namanya sama-sama madu heterogen (multiflora), tapi beda lokasi panen, kan beda vegetasinya, bisa beda juga rasanya. Dinamai heterogen itu kan karena sama2 dari lokasi yang berisi mavam-macam vegetasi. Tapi macam vegetasi di tiap-tiap lokasi, kan beda-beda.

3. Semut itu juga speciesnya banyak sekali. Kayaknya belum pernah ada peneliti yang mengidentifikasi semut X suka madu Y misalnya.Kecuali ada yang ngaku pernah wawancara sama semut-semut yang berbaris antri di meja ( botol madunya ada di meja lah bukan di dinding heheh ).

Dah ahh... lanjut aja yuk!

Bayangkan, kalo pengin mengidentifikasi ini dengan akurat dan serius, seperti apa desain penelitiannya?

>Mungkin mitos ini tercipta saat ada madu A tidak dikerumuni semut X. Langsung disebut Madu A ini asli. Lalu dengan begitu saja diklaim madu Y asli karena  tidak disukai semut. Padahal, bisa jadi, madu A itu disukai semut Y atau Z. Gitu lho...

Understand? 

 

Di tempatku sendiri, meski banyak madu, jarang semut. Ada sih, tapi gak banyak.

>Yang berbahaya dari mitos ini adalah, demi meyakinkan bahwa satu madu itu asli dengan uji semut ini, pegadang nakal bisa memasukka obat/ antibiotik or bahan kimia apapun, yang bisa mengusir semut. Biar orang yakin gitu.

Nah lhooo.

Gak semua bakul madu telaten mengedukasi customer, males dituduh pemalsu madu, ya udah tambahin aja bahan pengusir semut. Gitu.

Intinya mah kalau belum pasti jangan asal klaim lah... itu lebih berhati-hati kan? Mau tahu lebih banyak tentang madu bisa kosultasi ke saya ya... WA  082126092369.

85/2017
#edukasimadu
#MaduhutanZaida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar