Sabtu, 21 Januari 2017

Tips Mudah Menghapal Al Qur'an

Awalnya lebih karena malu sama anak-anak. Setiap hari diingatkan untuk nambah hapalan ayat. Kok diri gak nambah-nambah hapalannya yaa ><. Malah banyak yang hilang karna jarang murojaah. Padahal kalau ngingetin anak paling kenceng, ayo hapalan... jangan film aja yang diinget. Atau bahasa Korea or Jepang bisa, lha... bahasa Qur'an kok gak paham... :(

Kena tampar lagi saat membaca lagi QS. As Shaff ( 61 ) : 2-3, "Hai Orang-orang yang beriman! Mengapa engkau mengatakan apa yang tidak kamu kerjakan? Sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan."

Astaghfirullah..., ternyata selama ini sudah melakukan hal yang dibenci Allah, hiks. Menyuruh anak menghapal Qur'an tapi diri sendiri ogah. Padahal harusnya sebagai orang tua yang jadi panutan, harus bisa memberi keteladanan. Hemmm....

Baiklah, karena itu lah saya bertekad dan menguatkan niat untuk menghapal lagi ayat-ayat Allah Swt. Bukan untuk ikut musabaqah hifdzil qur'an,  juga bukan untuk gaya -gaya an, tapi lebih sebagai bentuk tobat dan memperbaiki diri. Juga tersemangati oleh satu panggilan Allah, bahwa penghapal Al qur'an adalah ahli-Nya ( keluarga atau golonganNya ), masa gak mau sih... :)

Dan sepertinya berita baik nyambung dengan niat saya ini. Di sebuah kajian erte tema yang diangkat berkenaan dengan Al qur'an, dan salah satu bahasannya adalah gampang menghapal Qur'an. Apalagi bagi kita-kita yang usia tak lagi muda, saat otak tak seencer yang dulu, dan kesibukan yang paling sering jadi alasan utama.

Subhanallah...., berasa dapat durian runtuh alias rezeki nomplok. Bagi yang penasaran, yuk simak tips di bawah ini :

1. Yakinlah bahwa Al Qur'an itu mudah dihapal
Dari semua kitab di dunia, Al Qur'an adalah kitab yang paling mudah dihapal. Karena berasal dari Allah Al Khaliq yang pastinya tahu betul makhlukNya. Masukkan dalam keyakinan insha Allah mudah dan akan dimudahkan oleh Allah. Hingga saat kita memulai menghapalkan pun aura positif yang kerasa.

2. Luangkan waktu
Jangan kalah sama buka medsos dan nonton tivi dong. Jangan beri Qur'an waktu sisa, tapi beri yang primetime. Kalau bicara sibuk mah semua orang juga sibuk. Masa meluangkan waktu 30 menit sehari untuk menfhapal 1 atay 2 ayat gak bisa? Bukankah sebaik-baik kesibukan adalah yang membawa diri lebih dekat pada Allah?

3. Mulailah dari Surat Favorit
Artinya surat yang serin kita baca. Kalau ruin baca surat yasin seminggu sekali, pasti lama-lama bakal hapal juga. Kalau seringnya baca Arrahman, tanpa sengaja kita jadi hapal juga. Begitu juga dalam menghapal Qur'an, maka mulailah dari surat atau ayat yang biasa kita baca, insha Allah itu lebih mudah hapal...Mak!

4. Ikat dan jaga hapalan
Caranya dengan murojaah bersama teman yang sedang menghapal juga. Bisa juga digunakan dalam bacaan shalat. Maka, ketika mengulang-ulang itu lah hapalan kita akan makin kuat.

5. Kurangi hal-hal yang 'nyampah'
Seperti mendengarkan musik, nonton drama or film, atay membaca buku-buku yang bisa melalaikan hati dan diri dari hapalan. Ya intinya sih yang tidak mendukung konsentrasi atau fokua kita pada Qur'an mulai ditinggalkam atau dikurangi.

Yang terakhir jangan lupa minta kepada Allah untuk senantiasa dikuatkan tekad dan diteguhkan hati. Karena itu juga sebagai bukti kita bergantung kepada Allah ( istianah ). Wallohu a'lam bishowab, semoga bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar