Minggu, 12 Februari 2017

Madu Mengkristal, Berikut Penjelasannya

Jadi gini ya, satu waktu saya pernah beli madu. Dan ternyata mengkristal atau ada bagian yang seperti kristalnya gitu. Dan pengtahuan saya yang pendek tentang membuahkan hasil tuduhan palsu, eh maskdunya madu ini palsu. Makanya pas nemu bacaan atau info tentang mafu mengkristal seneng banget deh, yuk yang mau nambah ilmu baca yang ini deh....

Ternyata, madu mengkristal justru adalah salah satu ciri madu asli non olahan. Artinya madu mentah (raw honey) yang belum dipanaskan.

Semua madu asli non olahan, akan mengkristal seiring waktu. Ada yang cepat, ada yang lambat. Yang cepat mengkristal adalah madu dengan kadar glukosa yang lebih tinggi dari fruktosanya. Semakin cepat kristal terbentuk, semakin halus teksturnya. Ada madu yang mengkristal dakam beberapa hari saja setelah dipetik, ada yang beberapa minggu, bukan bahkan tahun.

Tekstur kristal madu beragam, tergantung nektar pakan lebahnya. Ada yang halus seperti selai. Ada juga yang kasar berbutir-butir seperti gula pasir.

Bedanya, kristal madu jika dibakar, akan mencair, beraroma madu, tidak gong dan beraroma karamel seperti gula. Setelah dipanaskan, ternyata madu tidak akan mengkristal lagi. Unik ya?

Jadi, ada kemungkinan, madu yang selamanya cair adalah madu yang sudah dipanaskan. Madu begini, meski asli dan murni, telah kehilangan banyak nutrisi penting. Karena konon, sebagian besar nutrisi dalam madu, rusak oleh pemanasan. Sayang sekali kan?

Secara komersial, langkah pemanasan madu bisa dipahami, karena madu yang mengkristal, sering disalahpahami konsumen sebagai madu yang telah dicampuri gula. Jadi mafu begini, kurang demagang, gitu.

Bagi pedagang madu yang tidak muu bersusah payah mengedukasi konsumen tentang proses pengkristalan madu, memang lebih mudah memang untuk memanaskannya saja. Madu akan selamanya cair dan mudah dijual.

Tapi konsumen yang paham, justru akan memilih madu yang bisa mengkristal, karena artinya madu ini adalah madu segar dengan nutrisi utuh.

Keterangan lengkapnya ada di link ini. Artikelnya emang berbahasa Inggris. Ini menunjukkan, salah satunya bahwa madu mengkristal, tidak saja terjadi di sini, tapi di seluruh dunia.

Jika kesulitan menerjemahkan, gugling saja kenapa madu mengkristal. Ada banyak informasi di google tentang ini.

Mari menjadi konsumen yang cerdas.

85/2017

Sumber Wazerda Zaida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar