Minggu, 05 Juni 2016

Hindari Tidur Setelah Sahur, Ini Alasannya!

Setelah selesai santap sahur, datanglah rasa ngantuk. Bahkan sebagian besar orang yang berpuasa melakukan hal ini. Dengan alasan karena bangun terlalu pagi dan jam tidur yang masih kurang. Nyatanya, tidur setelah sahur banyak sekali membawa mudharat hingga sebaiknya dihindari.  

Berikut penjelasan secara medisnya :

1. Menyebabkan perut buncit dan penumpukan lemak. Karena saat tidur maka proses pencernaanmakanan akan terhenti, metabolisme tubuh akan melambat. Energi yang seharusnya dipakai untuk mencerna makanan jadi tertimbun alias tidak terpakai saat tidur. Sehingga lemak akan menumpuk dalam perut.

2. Gangguan Pencernaan. Normalnya proses pencernaan makanan terjadi dalam 1-2 jam. Tapi karena tidur, proses pencernaan menjadi terhambat sehingga makanan akan menjadi busuk dan mengundang banyak bakteri di dalam lambung. Juga menyebabkan produksi asam lambung yang berlebih.

3. Merusak Liver. Hal ini menyebabkan bakteri yang memakan makanan busuk menghasilkan asam nitrit dengan tingkat keasaman tinggi. Hal ini membuat liver bekerja sangat keras untuk melawan racun.

4. Asam lambung yang tinggi dapat berpengaruh pada tingkat keasaman tubuh. Perlu diingat bahwa sel-sel kanker akan tumbuh dengan subur pada kondisi PH tubuh < 4 ( bersifat asam ).

5. Lebih mudah terkena resiko Stroke. Penelitian membuktikan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur, memiliki resiko rendah terkena serangan stroke.

Lalu bagaimana pandangan Islam ( syari’at )?
Rasulullah menganjurkan untuk mengakhirkan santap sahur mendekati waktu adzan subuh ( imsak ).  Setelah selesai bersahur, beliau akan menuju masjid dan shalat berjama’ah. Lalu berdzikir dan melakukan amal ibadah lainnya yang jauh lebih bermanfaat dan sehat untuk tubuh.

Ingat juga pesan Nabi Saw., dalam hadist ini :
Dari Aisyah r.a., Rasulullah bersabda : “Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah Swt., dan shalat. Serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan. Karena dapat membuat hati kalian menjadi keras. “ (HR. Abu Nu’aim )


Jadi kalau ingin tidur setelah sahur setidaknya beri jeda selama 1 atau 2 jam, itu jauh lebih baik, lebih sehat dan sesuai dengan maksud shaum untuk bersabar.***
#artikelramadhan
#nikmatnyashaum
#ramadhankareem
Sumber inspirasi lain:
http://www. Tribunnews.com/ramadan/2013/07/10/ini-bahayanya-tidur-setelah-sahur?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar