Selasa, 21 Juni 2016

7 Cara Agar Berat Badan Tak Bertambah Selama Puasa




Logikanya memang ketika kita berpuasa sebulan, maka bobot tubuh pun akan menyusut. Tapi banyak juga yang mengeluh puasa kok malah gemuk. "Heran..., puasa kok badan kerasa makin berat," itu mungkin keluhan yang pernah terdengar atau bahkan keluar dari mulut  sendiri :)

Memang sih, tujuan utama dari puasa bukan untuk mengurangi timbangan berat badan. Karena yang hakiki adalah untuk mengurangi dosa baik secara kuantitas maupun kualitas. Kalau pun selama puasa kemudian ada penurunan secara signifikan pada berat badan, anggap saja itu bonus. Karena jangan sampai kita hanya mendapatkan lapar haus semata selama berpuasa. Nenek bilang itu rugi ( hehehe, ingat tokoh Zul di Upin Ipin ).

Nah, agar tidak mengalami berat badan main naik kayak bendera, coba deh lakukan beberapa tips berikut ini :

1. Berbuka dengan karbohidrat kaya serat

Rasulullah mencontohkan berbuka dengan karbohidrat kaya serat berupa kurma.  Jadi walau ada karbohidrat dari gula yang ada di kurma, karena kandungan serat tinggi, maka akan membuat perut yang kosong pun cepat merasa keyang. Berbeda jika berbuka dengan kolek, es campur, syrup atau gorengan, meski sudah banyak yang masuk tetap saja tidak merasa keyang. Akibatnya tidak cukup makan satu porsi, bisa dua atau malah tiga. Nah, bayangkan berapa banyak karbohidrat yang masuk ke tubuh dan mengendap saat tidur?

2. Berhenti makan sebelum kenyang

Satu yang harus dihindari adalah memasukkan banyak makanan ke perut ketika buka puasa. Jangan jadikan waktu berbuka sebagai ajang balas dendam. Semua makanan yang terbayang saat puasa hadir di meja makan. Itu hanya akan menambah porsi makan kita bertambah. Wajar dong kalau berat badan pun bertambah. Demkian juga saat sahur tidak perlu menambah porsi makan karena takut lemas saat puasa. Karena kalori yang berlebih hanya akan menaikkan angka timbangan.

3.  Jangan malas beraktifitas

Sering kali puasa dijadikan alasan untuk malas dan mengurangi aktifitas. Inginnya tidur yang lama karena badan memang terasa lemas dan mata ngantuk. Apalagi dengan dalih tidurnya orang puas pun ibadah.  pengurangan aktifitas inilah yang menjadikan sisa kalori makin menumpuk dalam tubuh.
Catatan saja, dulu di zaman Nabi Saw., beliau dan para sahabat melakukan beraktifitas luar biasa ketika bulan suci. Seperti shalat malam yang panjang, bekerja di kebun, juga berperang yang pastinya menguras energi dan konsentrasi.

4. Cukupi kebutuhan air putih

Seringnya saat berbuka lidah ingin dimanjakan dengan makanan enak, manis gurih. Air putih yang tawar kadang terlupa. Padahal dengan konsumsi air putih yang cukup selain terhindar dari dehidrasi selama puasa juga menjadikan perut cepat kenyang. Hasilnya makanan yang full karbohidrat dan kalori pun akan sedikit berkurang yang masuk ke dalam perut.

5. Jangan lupakan sayur dan buah

Meski dua makanan ini sekarang harganya meroket, tapi mengkonsumsi sayuran dan buah tetap harus diprioritaskan. Selain kaya serat, sayur dan buah juga mengandung cairan yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Selain itu buah dan sayur adalah sumber vitamin dan mineral yang berguna untuk mempertahankan daya tahan tubuh. 
Sebaiknya buah dimakan langsung tana tambahan gula. Karena gula, maupun susu kental manis disukai lidah tapi membuat perut menderita dan berat pun bertambah. Jadi kalau pun ingin berbuka dengan es buah, cukup satu porsi dan tidak dengan gula berlebih. 

6. Perbanyak protein nabati

Meski lebih semangat makan dengan daging, ayam dan protein hewani lainnya, tapi lebih baik konsumsi protein nabati. Alasannya, karena protein hewani susah dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Beda dengan protein nabati yang mengandung serat. 

7. Berhenti makan setelah Pk. 20.00

Semakin malam anda makan atau mengkonsumi makanan, maka semakin dekat dengan waktu tidur. Dan selama tidur makanan akan menumpuk di perut.Pencernaan makanan akan berhenti dan metabolisme tubuh melambat. Itu hanya akan membuat makanan menumpuk di perut dan kalori menambah tumbukan lemak. Baca di sini deh..Hindari tidur Setelah Sahur

Selamat mencoba ya kawan, semoga bermanfaat :)***

Tambahan inspirasi :
 http://www.tribunnews.com/ramadan/2012/08/01/puasa-kok-tambah-gendut-sih
http://www.kompasiana.com/gapey-sandy/puasa-kenapa-tubuh-malah-tambah-gemuk_558187fe3fafbd87048b4575




Tidak ada komentar:

Posting Komentar