Rabu, 18 Mei 2016

Ayo, warming up sebelum Ramadhan Tiba

Sebentar lagi Ramadhan datang ya Kawan. Semua sudah bersiap menyambut datangnya bulan istimewa ini. Rasulillah Saw., menganjurkan untuk bertahniah sebagai ungkapan kerinduan terhadap bulan suci. Seperti yang diajarkan di TPA tempat Mas Elhafidz ( 5 th ),  para santri sudah mulai menghapal doa mengharap datangnya Ramadham, "llohuma bariklanaa fi rajab, wa sya'bana wa balighna ila Ramadhan."

Mengingat utamanya bulan Ramadhan maka perlu dilakukan persiapan dan latihan ( warming up ). Persiapan dimulai dari memperkuat imam dan ihtisab ( menghitung diri ) yang merupakan modal utama memasuki Ramadhan. Tentukan juga target -target amaliyah yang igin dicapai di bulan ibadah ini. Adanya target diharapkan memicu diri untuk bersemangat mengisi Ramadhan.

Yang tak kalah penting adalah mulai memelihara bibit amal shaleh yang akam disiram, dirawat, dan dibesarkan selama Ramadhan.caranya dengan melakukan warming up atau pemanasan terhadap kegiatan yang akan digiatkan selama bulan suci di Sya'ban ini. Harapannya ketika masuk Ramadhan, bathin dan fisik tidak kaget. Pastinya tidak mau kan kalau sampai Ramadhan yang hanya sebulan tidak dimanfaatkan maksimal untuk beramal shaleh?

Rasulullah Saw., memberikan contoh dengan memperbanyak shaum di bulan Sya'ban. "Keadaan Rasulullah kadang-kadang terus bershaum, sehingga kami mengatakan bahwa beliau tidak berbuka-buka. Dan kadang-kadang terus menerus berbuka hingga kami mengatakan bahwa beliau tidak pernah bershaum sunnat. Namun demikian saya tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan shaum sebulan penuh selain bulan Ramadhan dan saya tidak pernah melihat beliau banyak bershaum seperti bulan Sya'ban."

Warming up bisa dilakukam dengan shaum sunnat senin kamis, shaum ayyamu baidl yaitu setiap tanggal 13, 14, 15 tiap bulannya. Nah, bagi yang tidak biasa shaum sunnat ada juga hukum yang mengkatagorikan makhruh jika berpuasa di atas tanggal 15 Sya'ban. Kebetulan kamis (19 Mei ) bertepatan dengan tanggal 12 Sya'ban, dan jum'at (20 Mei ), Sabtu (21 Mei ), ahad (22 Mei ) bertepatan dengan tanggal 13, 14, 15 Sya'ban.

Apalagi bagi kaum muslimah yang masih punya hutang puasa di Ramadhan tahun kemarin. Mumpung masih ada waktu untuk mengganti hutang shaum, yuk segera bayar.

Shalat malam dan tilawah Qur'an juga bisa dilatih dari sekarang. Semoga saat memasuki Ramadhan, mata sudah terbiasa terbuka di malam hari untuk qiyamullail. Tilawah Qur'an pun bisa lebih asyik dan menyenangkan karena sudah menjadi kebiasaan.

Nah..., sudah semangat warming up dan menyambut Ramadhan? Marhaban yaa Ramadhan, Marhaban yaa Ramadhan ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar