Senin, 21 Desember 2015

Air Beras, Solusi Kulit Bersih Tanpa Kantong Bolong

Bagi Anda yang mendambakan kulit cantik, tapi dana terbatas ( hahahai ), coba gunakan yang paling dekat dengan kehidupan kita, air beras. Air ini bisa didapat dengan cara murah meriah ketika kita mencuci beras. Nah, air yang putih keruh itu jangan dibuang ya Kawan, tapi bisa digunakan untuk cuci muka, towner dan juga masker. Wow...

Air beras sudah dari dulu dipercaya memiliki khasiat dalam urusan kecantikan kulit. Bahkan nih, menurut info hasil baca-baca dan nyimak berita, air beras adalah rahasia kecantikan para super model dunia ( iye ke..., alah langsung ada yang nanya pake Upin Ipin mode on ). Tapi wajar sih, masuk akal juga. Karena dalam air cucian beras banyak terkandung protein, karbohidrat, glutein, selulosa dan vitamin B yang jumlahnya cukup tinggi. Bahkan kandungan ini belum tentu didapat ketika beras sudah masak menjadi nasi lho!

Berikut beberapa manfaat air beras untuk kecantikan kulit :


1. Mencerahkan kulit
caranya, cuci muka dengan air bekas cuci beras secara teratur. Memang butuh waktu ya.., tapi secara bertahap kulit akan terlihat cerah dan flek-flek hitam akan memudar. Asyiknya lagi, cara ini bisa dilakukan setiap hari tanpa takut efek samping.

2. Mengatasi kerontokan rambut
Caranya dengan keramas dengan menggunakan air cucian beras. Pijit-pijit sebentar lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu baru gunakan shampo dan bilas lagi hingga bersih. Cara ini pun bisa dilakukan untuk rambut yang rusak karena sering dicatok atau salah menggunakan produk perawatan rambut .

3. Menghaluskan kulit
Bukan hanya untuk kulit wajah, air beras yang digunakan untuk mandi memiliki khasiat yang sama dengan mandi susu lho.  Tapi kalau memang untuk mandi terlalu mahal ( hehehe..., beras yang sehat kan mahal juga yee ) gunakan air endapan cuci beras untuk masker dan lulur. 

4. Mengontrol kelebihan minyak
Ternyata, mencuci muka dengan air beras setiap hari efektif mengontrol kelebihan minyak di kulit wajah ,  Kawan. Ah ya..., untuk kulit normal cenderung berminyak bisa gunakan beras putih. Untuk semua jenis kulit bisa gunakan beras hitam dan beras merah untuk kulit normal cenderung kering.

Bagaimana mendapatkan air cucian beras, gampang banget dong...

1. Taruh beras di tempat cuci beras. Isi dengan air dan cuci ringan untuk menghilangkan debu dan kotoran dalam beras. buang airnya.

2. Isi lagi dengan air, gosok-gosok atau aduk-aduk beras. Diamkan selama 30 menit untuk mendapatkan hasil terbaik. Masukkan air cucian beras ke dalam wadah.

Nah, air ini bisa langsung digunakan untuk mencuci wajah. pijit-pijit wajah dengan jari selama 6 menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut ( agak ditepuk-tepuk lembut ya...)

3. Jika ingin dijadikan lulur atau masker, diamkan air cuci beras ini hingga terlihat ada endapan. buang air dan gunakan endapan untuk lulur dan maskeran.

Saya juga sudah mencoba untuk saya dan anak-anak. Anak-anak saya semuanya aktif, ikut renang, porak sampai kemping pramuka. Akibatnya wajah mereka hitam gosong dan ada juga yang belang ( karena pakai jilbab ).  Saya pakaikan endapan air cuci beras untuk maskeran. Mungkin karena anak-anak, sekali pakai saja hasilnya sudah terlihat, muka terlihat lebih bersih, gak gosong-gosong amat hehehe. Alhamdulillah ala kulli hal. Anda mau mencoba juga, Kawan? Sila kan.. monggo... Semoga bermanfaat ya...***

Ket : Disarikan dari beberapa sumber

1 komentar:

  1. terima kasih mbak tipsnya.. bermanfaat. Oh ya saya juga pembaca buku mbak yang berjudul Sirah 60 Sahabat loh.. Buku itu mengenalkan pada saya secara asyik, nama nama serta kisah sahabat Rasul yang inspiratif. Meski ringkas tapi intinya dapet.. Sukses terus ya mbak

    BalasHapus