Kamis, 24 September 2015

Cerdas Mendapatkan Investor



Aldi Ferdian
https://id.linkedin.com/pub/aldi-ferdian

Di tengah maraknya wirausaha yang bermunculan, kebutuhan pada investor juga makin terasa. Invertor dibutuhkan untuk membantu mengembangkan usaha. Nyatanya, mendapatkan investor tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan sangat sulit. Karena itu lah, perlu juga memahami cara pandang seorang investor hingga tahu bagaimana usaha yang akan menariknya unuk menanamkan modal.

Aldi Ferdian membagi pengalamannya sebagai seorang investor muda. Hal utama yang diperlukan oleh investor adalah kepercayaan. Menurut Aldi, kepercayaan adalah modal utama seseorang mau meminjamkan uangnya. Sebaiknya, carilah pemodal dari orang yang sudah dikenal dengan baik, bisa berasal dari kerabat mau pun pertemanan.

Investasi yang dilakukan Aldi pertama kali adalah pada proyek pengeboran sumur minyak di Malo milik kenalannya. Kemudian, saat temannya mengajukan proyek travel dan jasa tour, dia pun memutuskan untuk menjadi investor hingga usaha itu maju dan sukses. Dia juga menjadi pemodal di usaha advertising yang didirikan oleh mantan karyawannya. Lihatlah,  semua investasi yang dilakukan Aldi berdasarkan pada faktor kepercayaan.

Faktor pengalaman juga tidak bisa diabaikan. Aldi menjelaskan bahwa saat dia menjadi investor di pengeboran sumur minyak salah satu faktornya adalah karena pengalaman dari ayah sang pemilik proyek yang sudah terkenal. Bagaimana pun seorang investor pasti ingin agar uangnya memang digunakan untuk menggerakkan usaha. Dan pengalaman adalah ijazah tak tertulis bahwa anda memang mumpuni di bidang bisnis itu atau tidak.

Lalu, bagaimana dengan perusahaan yang masih baru yang minim pengalaman? Aldi memiliki satu tips lagi yaitu kekuatan mimpi. Yup..., Aldi dia lebih menyukai membantu orang-orang yang ulet dan bekerja keras dalam meraih mimpinya. Saat karyawannya mengatakan ingin berhenti dan mengeja rmimpi sebagai pengusaha, Aldi setuju untuk menjadi pemodal. Karena baginya mimpi adalah motivasi terbesar untuk sukses.

Aldi juga mengingatkan bahwa saat mencari investor ketahui juga apa yang paling dibutuhkan. Selama menjadi investor bukan hanya dana yang dia berikan, tapi juga bimbingan dan sumber daya untuk mengembangkan sebuah usaha. Hal itu penting, agar pemilik usaha juga mau melakukan riset akan kebutuhan paling mendasar pada usahanya. Beberapa usaha yang didanai Aldi juga ada yang sudah bisa mandiri secara pendanaan. Maka, dia pun lebih fokus pada urusan pengembangan dan sistem yang terintegrasi.

Nah, kira-kira apa yang dibutuhkan usaha anda dari seorang investor? Anda tentunya yang paling tahu. Dan lakukanlah riset untuk menemukan investor yang tepat sesuai kebutuhan usaha anda. Selamat mencoba...***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar