Selasa, 21 Juli 2015

Mengintip Kesuksesan Veronica Sebagai Woman Marketer


Dalam sebuah perusahaan, marketing menempati posisi sebagai ujung tombak. Bagaimana tidak, prospek produk sebuah perusahaan sangat tergantung pada kepiawaian promosi yang dilakukan oleh para marketer.  Juga pada kemampuan menjalin relasi yang baik dengan para klien.  Karena itu, sebuah perusahaan sangat membutuhkan marketer yang mumpuni, yang tidak hanya memiliki ilmu marketing, networking luas, tapi juga memiliki attitude yang baik hingga bisa mendapatkan kepercayaan dari para kliennya.
 
Itu lah yang bisa kita pelajari dari woman marketer bernama Veronica Ratnaningrum. Seorang wanita yang mampu mendobrak dunia konsultasi marketing yang selama ini didominasi kaum pria. Veronica hadir memberi sentuhan khas wanita pada dunia marketing  hingga lebih menguntungkan. Kepekaannya sebagai wanita digunakan untuk membaca pasar, hingga tercipta konsep dan strategi pemasaran yang lebih terarah. Hasilnya, PT. Masterindo Multiguna, perusahannya yang dibangun sejak tahun 2011, bisa dibilang cukup berhasil.
                            
Satu lagi yang diandalkan wanita yang akrab disapa Vey ini, yaitu kemampuannya menjalin networking dalam bisnisnya.  Ditambah dengan sifatnya yang komunikatif, dinamis, aktif dalam kegiatan sosial membuat sosok ini berhasil membuat hubungan baik dengan para klien. Berbekal motto, ‘ingin membuat orang lain bahagia’, dia pun menggandeng para pemilik perusahaan ( merchant) untuk bekerja sama dengan Bank atau perusahaan lain agar memberi kemudahan pada customers. Disinilah kepiawaian Veronica Ratnaningrum sebagai konsultan marketing terlihat jelas.

Profesionalitas  dan disiplin tinggi diterapkan saat menjadi penghubung antara pihak pemilik usaha seperti restoran dengan Bank atau perusahaan sejenis. Hingga lahirlah program-program promosi seperti discount,  top spender dan lain-lainnya. Melalui PT. Masterindo Multiguna, Veronica juga menawarkan beberapa program kerja sama yang menguntungkan seperti voucher dan merchandise. 
 
Veronica menyadari ada faktor sukses yang tidak boleh diabaikan dalam usahanya. Yaitu,  merancang program, riset, menganalisa pasar, memanajemen, serta memberikan jalan keluar untuk setiap problem yang dihadapi kliennya. Jangan sampai klien merasa program-program yang ditawarkan seorang marketer ketinggalan jaman.  Itu lah yang membuat Veronica bersama perusahannya selalu membuat terobosan baru dalam hal promosi. Seperti yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini, yaitu Digital Merchant, e-Catalogue, dan e-Voucher.

Kesuksesan Veronica dan perusahaannya juga tidak lepas  dari kepemimpinannya yang kuat.  Saat ditanya tentang munculnya pesaing dalam bidang konsultan marketing, wanita yang suka berbagi ilmu ini berujar, ”Kompetitor baru muncul akhir-akhir ini saja. Kebanyakan dari teman atau mantan karyawan  yang kemudian mendirikan bisnis jasa serupa.”

Nah, anda ingin sukses juga seperti Veronica, tidak ada salahnya mencoba kan?***

Sumber foto:
https://id.linkedin.com/pub/veronica-ratnaningrum/80/426/557
http://www.masterindomultiguna.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar