Selasa, 21 Juli 2015

Lezatnya Kakaren Buatan Sendiri



Idul Fitri sudah beberapa hari berlalu. Bagi yang mudik sudah saatnya meninggalkan kampung halaman. Kalau ada kakaren ( istilah sunda- kue sisa Lebaran ) sih enak. Sampai di rumah tinggal bongkar kue oleh-oleh dari kampung. Nah... bagaimana jika tidak ada kakaren atau oleh-oleh, bisa kok dengan buat kue sendiri.

Saya sendiri sebenarnya kepincut dengan kue buatan kakak ipar di kampung. Setelah investigasi sana-sini, akhirnya dapatlah resep kue kesukaan saya dan anak-anak. Putri salju yang nanti akan saya remake ( halah istilahnya ) atau dimodifikasi dengan gaya lain, bisa salju pandan atau salju coklat heheh ( kumaha mood weh engke mah ). Nah bagi yang mau, sila kan ikuti langkah-langkah arahan di bawah ini :)


Resep putri salju:
Kuning telur 4
Terigu protein rendah 900gr sangrai dan ayak hingga halus
Mentega 600gr
Maezena 1 sendok

Bahan tambahan
Keju sesuai selera diparut dan dioven hingga kering
Gula halus 150gr
Susu bubuk full cream 50gr

Cara pembuatan :
Kocok kuning telur dan mentega sampai lembut. Masukkan terigu perlahan. Uleni, tambahkan keju lalu uleni lagi hingga kalis. Cetak sesuai selera. Panggang hingga matang biasanya sih suhu 150 derajat dan waktunya sekitar 20 menit. Dinginkan lalu masukkan ke dalam gula tepung yang sudah dicampur susu bubuk full cream.
Dijamin rasanya renyah, manis dan ada gurihnya dari susu.

Bisik-bisik tetangga eh salah, bisik-bisik si empunya resep, kalau mau buat nastar pun bisa dengan resep kue di atas. Tinggal tambahin maezena jadi dua sendok dan susu full cream 70 gr atau dua sachet susu full cream  di bagian adonannya. Nah, Mau mencoba? Monggo...:) kalau gak mau ribet beli  juga bisa kok, hehehe

Daann.., setelah menguatkan tekad, jadilah hari ini saya mengesksekusi resep putri salju. Karena toko bahan kue masih banyak yang tutup, maka pakai bahan yang ada bisa di dapat. Jadilah modifikasi hanya pakai meses, hingga tampilannya seperti ini


Nah, Mau mencoba? Monggo...:) kalau gak mau ribet beli  juga bisa kok, hehehe***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar