Rabu, 19 September 2018

9 Keutamaan Tilawah Al Quran

Ditengah arus informasi, seringkali membaca berita tentang perkembangan terkini menjadi kebutuhan. Rasanya kudet banget kalau ketinggalan berita atau yang lagi rame di lini masa. Sementara tilawah quran dimasukkan ke wilayah privat yang artinya sesuai kebutuhan masing-masing saja. Padahal, membaca Al Quran itu pasti beda dengan membaca berita. Karena Al Quran itu tidak seperti buku bacaan lainnya, yang isinya kadang tidak jelas atau malah kebohongan semata. Al Quran tidak berisi kebatilan, tidak berisi fitnah apalagi khayalan. Bahkan orang yang membaca Al Quran akan diberi ketenangan dan bisa memberi pengaruh kebaikan, menyebar keberkahan di lingkungannya.

Berikut adalah 8 Keutamaan Tilawah Al Quran yang diambil dari buku Riyadus Shalihin :

1. Al Quran adalah Kalamullah
Membaca Al Quran akan mendatangkan banyak manfaat. Karena Al Quran bukan bacaan unfaedah, tapi kalamullah yang berisi petunjuk hidup. Membacanya saja akan membuat hati kita cenderung untuk mengikuti Al Quran. Terlebih kalau kita membaca sekaligus mempelajari artinya. Seperti yang terjadi saat Umar bin Khattab ra., mendengar bacaaan Al Quran pertama kali melalui adiknya Fathimah bin Khattab. Saat itu hatinya bergetar dan meyakini bahwa bacaan yang didengarnya bukan kata-kata manusia. Tapi kata-kata dari pencipta manusia.

Al Quran  Sebagai Kalamullah maka bagi yang membacanya akan mendapatkan limpahan keberkahan, petunjuk ke jalan yang lurus, serta dijauhkan dari kebatilan. Karena tidak ada satu pun ayat Al Quran yang berisi kebatilan ataupun kebohongan.

2.Mendapatkan Predikat Sebaik-baik Manusia
Sebaik-baik manusia adalah yang belajar dan mengajarkan Al Quran. Maka, saat kita berusaha membacanya dan mempelajarinya maka kita termasuk dalam golongan sebaik-baik manusia.
Ingatlah bagaimana Imam Hanafi menghargai guru ngaji anaknya, padahal anaknya baru bisa membaca QS. Al Fatihah. Beliau memberikan hadiah yang nilainya sangat banyak hingga mengejutkan sang guru. Namun, bagi Imam Hanafi itu masih sangat sedikit dari apa yang sudah diajarkan oleh sang guru pada anaknya. Mengingat betapa pentingnya surat Al Fatihah. Bahkan jika salah membaca surat ini yang termasuk dalam rukun sholat, bisa-bisa sholat kita tidak sah, tak bernilai.

3. Syafaat Bagi Pembacanya
Allah menjanjikan syafaat bagi siapa saja yang membaca Al Quran. Kala pasangan, anak, keluarga, kerabat, sahabat meninggalkan diri di alam kubur, maka beruntunglah orang yang selama hidup berdekatan dengan Al Quran. Dia akan akan sebagai teman yang menemani si mayit sepanjang alam barzah. Itu gambaran syafaat dari membaca Al Quran.

Al Quran juga akan memberi syafaat di hari kiamat nanti. Bahkan dijanjikan bagi orang tua yang mengajarkan anak-anaknya Al Quran akan diberikan makhota dari cahaya kelak di akhirat. Makhota yang paling terang dan indah karena berhasil menghantarkan buah hati  menjadi ahli Quran .


https://lh3.googleusercontent.com/-wAL1zVYeWRw/WA8Bdnr0n-I/AAAAAAAA6eg/5O6K5ru1wGUUPieM3v3LVoCnVLg468weACJoC/w530-h557-n/16%2B-%2B1
https://lh3.googleusercontent.com/-wAL1zVYeWRw/WA8Bdnr0n-I/AAAAAAAA6eg/5O6K5ru1wGUUPieM3v3LVoCnVLg468weACJoC/w530-h557-n/16%2B-%2B1
   


4. Bersama Malaikat
Dari `Aisyah Radhiyallahu `Anha berkata, Rasulullah bersabda, "Orang yang membaca Al-Qur`an dan ia mahir dalam membacanya maka ia akan dikumpulkan bersama para Malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur`an dan ia masih terbata-bata dan merasa berat (belum fasih) dalam membacanya, maka ia akan mendapat dua ganjaran." HR Bukhari Muslim

5. Mendapatkan Pahala Dari Tiap-Tiap Hururf yang Dibaca
Dari Abdullah Bin Mas’ud Ra. beliau berkata : Berkata rasullah SAW. Barangsiapa membaca satu huruf dari Al Qur’an maka ia dapat 1 pahala dan pahala itu akan diganda 10 kali lipat. saya tidak mengatakan “ Alif Lam Mim “ itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf dan Lam satu huruf dan Mim satu huruf .  HR. Thurmudzi

6. Mendapatkan Rahmat dan Ketenangan ( Sakinah )
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dan tidaklah berkumpul sekelompok orang di rumah dari rumah Allah yang membaca kitabullah serta saling mempelajarinya di antara mereka, kecuali diturunkan atas mereka ketenangan dan dilimpahkan rahmat, dan dikelilingi malaikat serta Allah akan menyebut mereka di sisi-Nya.” HR. Muslim 

7.  Diangkat Derajat
Berkata Umar, bahwa Nabi kalian shalallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Sesungguhnya Allah mengangkat dengan kitab ini derajat suatu kaum dan merendahkan dengannya yang lainnya.” HR. Muslim

8. Diingat di Langit
Dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah bersabda: “Engkau hendaknya membaca al Qur’an, agar ia menjadi cahaya bagimu di muka bumi dan mengingatmu di langit.” 

9. Menjadi Keluarga Allah
Bukan sekedar bersama malaikat, tapi dimasukkan ke dalam ahlinya Allah. Masyaa Allah, subhanallah..

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu berkata: telah bersabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam: “Sesungguhnya Allah Ta’ala memiliki keluarga di antara manusia.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, siapa mereka?” Beliau bersabda, “Mereka adalah ahlul Qur’an yang menjadi keluarga Allah dan hamba pilihan-Nya.”

Wallohu a'lam bisdhowab
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar