Kamis, 23 Maret 2017

Sukses Bisnis Online untuk Pemula

Menjajal hal yang baru pasti ada ketakutan dan kekhawatiran. Termasuk saat mau nyemplung ke dunia bisnis online. Apalagi jika merasa diri bukan orang yang update, gaptek, kurang ilmu, dan tidak memiliki banyak waktu. Gampangnya, kalau tidak ada perintah atau SP mending diam di dunia nyata saja. Lebih nyaman dan aman dari pada dunia maya yang crowded :D

Tapi eh tapi, zaman akan terus bergerak maju tanpa menunggu kita mau ikut atau tidak. Yang tidak mengikuti akan tertinggal. Banyak peluang dan kesempatan yang akhirnya tertutup karena ketidak tahuan kita. Padahal diantara sederet efek negatif, masih berlimpah juga efek positif dari teknologi. Selama kita menggunakannya dengan niat yang benar untuk tujuan yang pasti.

Bayangkan, dulu tidak pernah terlintas bisa nelpon tanpa kabel. sekarang kita bisa teleponan dari mana saja dengan santai. tanpa perlu keringetan narik dan bawa telepon segede gaban. Dulu tidak terbayang bisa nelpon sambil lihat wajah orang yang kita ajak nelpon. sekarang banyak aplikasi yangbmemudahkan, dari mulai video call, skype, imo dan lain-lain. Dulu, enggak kebayang bisa bisnis mendunia, sekarang cingcai lah hehehe. bahkan pelakunya ibu -ibu daster user macam kita, wow!

kuncinya : mau-coba-bisa

mau belajar, mau mengerti, mau mengurangi ketakutan. Lalu mencoba, berlatih dari kesalahan, hingga menjadi ahli. Apalagi sudah punya modal, smartphone. Rugi kalau hanya dipakai sms, telp, foto, selfie atau pakinb banter  buat  WA nan doang hehehe. Padahal ada lho smartphone yang bisa ngecek tekanan darah, smartphone yang bisa jadi agenda harian,  bahkan bisa bikin live confress via hp. Lha... temen kita bisa nawarin dagangan via WA, ah kita juga bisa lah. Temen kita bisa ngiklan di Instagram ya kita juga bisa. Asal mau! Yup, mau!

Nah, ini langkah-langkah bisnis online untuk pemula:

Langkah 1: manfaatkan akun media sosial ( bisa fb, instagram, channel telegram, blog atau website). Dari pada akun hanya untuk ngepoin akun artis mending buat jualan tho. Menghasilkan fulus hehehe.

Langkah 2: iklan kece.
Nah, menghasilkan iklan menarik awalnya dari kenali produk dengan baik. Jadi jangan jadi pedagang yang minim info, ditanya sama konsumen tentang bahan phasmina, enggak tahu. Ya, pembeli juga jadi gak percaya. yang  Jika beriklan dengan foto, pilihlah foto dengan kualitas gambar oke, jangan burem apalagi berantakan hehehe. posting iklan ada pada prime time, misal jam 8 pagi, jam 12-13 siang, dan pk 19-21 malam. jangan lupa selalu gunakan hastag, agar postinganmu mudah dikenali.

Iklan selaian mendatangkan pembeli, juga brading kita. Orang jafi tahu dan kenal siapa kita. Karena itu sebisa mungkin nama akun jangan beda-beda. Biar orang langsung 'tek' saat lihat postingan kita. Dan langsung tahu akun kita dibajak atau tidak karena mereka mengenali gaya kita.

Langkah 3: promo yang menarik minat. misal saya membuat promosi jum'at hepi. jadi jika belanja madu zaida, sebesar 100rb dapat potongan ongkir 10rb.

Langkah 4: beriteraksi dengan baik dan ramah dengan follower atau teman di medsos. Jangan jadi penjual judes, hehehe. paling males kan kalaunke toko terus penjualnya bermuka masam?

Langkah 5: banyak action atau praktek. lama-lama juga akan terbiasa lah... ala bisa karena biasa.

5 langkah dulu ya bu ibu..., semoga bermanfaat. Ingat kuncinya mau-coba-bisa!
Semoga bermanfaat :D

***Terima kasih untuk teman-teman yang mau saya tanya tentang bisnis online ( ma el dan ceuceu )

Sumber gambar :
Https://i1.wp.com/usahapemula.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar